Jumat, 15 Oktober 2010

Kualitas layanan


Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Di bidang jaringan komputer dan packet-switched jaringan telekomunikasi, rekayasa lalu lintas jangka waktu kualitas layanan (QoS)mengacu untuk mengontrol mekanisme reservasi resource daripada kualitas pelayanan yang dicapai. Kualitas layanan adalah kemampuan untuk memberikan prioritas yang berbeda untuk berbagai aplikasi, pengguna, atau data arus , atau untuk menjamin tingkat kinerja tertentu ke aliran data. Misalnya, dibutuhkan bit rate , delay , jitter paket menjatuhkan probabilitas, dan / atau kesalahan bit rate dapat dijamin. Jaminan kualitas layanan merupakan hal penting jika kapasitas jaringan yang memadai, terutama untuk real-time streaming multimedia aplikasi seperti voice over IP , game online dan IP-TV , karena ini tetap memerlukan bit rate sering dan sensitif terhadap delay, dan dalam jaringan di mana kapasitas adalah sumber daya terbatas, misalnya dalam komunikasi data selular.
Sebuah jaringan atau protokol yang mendukung QoS mungkin setuju pada kontrak lalu lintas dengan perangkat lunak aplikasi dan kapasitas cadangan di node jaringan, misalnya selama tahap pembentukan sesi. Selama sesi mungkin dicapai memantau tingkat kinerja, misalnya data rate dan keterlambatan, dan secara dinamis mengontrol penjadwalan prioritas dalam node jaringan. Hal itu dapat melepaskan kapasitas penyaluran selama merobohkan fase.
Sebuah terbaik-upaya jaringan atau layanan tidak mendukung kualitas layanan. Sebuah alternatif untuk mekanisme kontrol QoS kompleks adalah untuk menyediakan komunikasi berkualitas tinggi melalui jaringan terbaik-upaya oleh lebih-provisioning kapasitas sehingga cukup untuk beban puncak lalu lintas yang diharapkan. Ketiadaan dihasilkan kongesti jaringan menghilangkan kebutuhan untuk mekanisme QoS.
Di bidang telepon , kualitas layanan yang ditetapkan dalam ITU X.902 standar sebagai "Satu set persyaratan mutu pada perilaku kolektif dari satu atau lebih objek." Kualitas layanan meliputi persyaratan pada semua aspek sambungan, seperti waktu respon layanan, kehilangan, sinyal-rasio-noise, cross-talk, echo, menyela, respon frekuensi, tingkat kenyaringan, dan seterusnya. Sebuah subset dari QoS telephonyGrade of Service (GOS) persyaratan, yang terdiri dari aspek yang berkaitan dengan koneksi kapasitas dan jangkauan jaringan, misalnya maksimum dijamin probabilitas blocking dan probabilitas outage. [1]
QoS kadang-kadang digunakan sebagai ukuran kualitas, dengan definisi banyak alternatif, daripada mengacu pada kemampuan sumber daya cadangan. Kualitas layanan kadang-kadang mengacu pada tingkat kualitas pelayanan, yaitu jaminan kualitas layanan. QoS tinggi seringkali bingung dengan tingkat kinerja yang tinggi atau kualitas layanan dicapai, misalnya tinggi bit rate , rendah latency dan rendah probabilitas kesalahan bit .
An dan diperdebatkan definisi alternatif QoS, digunakan terutama di bidang jasa lapisan aplikasi seperti telephony dan video streaming , adalah syarat pada metrik yang mencerminkan atau memprediksi mengalami kualitas subyektif. Dalam konteks ini, QoS adalah efek kumulatif diterima pada kepuasan pelanggan dari semua ketidaksempurnaan yang mempengaruhi layanan. Istilah lain dengan makna yang sama adalah Kualitas Experience (QoE) konsep bisnis subjektif, "dibutuhkan" pengguna dirasakan kinerja, [2] yang "dibutuhkan" tingkat kepuasan pengguna atau "target" jumlah pelanggan senang. Contoh langkah-langkah dan metode pengukuran Mean Opinion Score (MOS),Perceptual Pidato Ukur Kualitas (PSQM) dan perseptual Evaluasi Kualitas Video (PEVQ). Lihat juga kualitas video subjektif .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar