Jumat, 15 Oktober 2010

Harga Daging Sapi Rp100 Ribu di Riau

Pasir Pengaraian, Riau (ANTARA News) - Harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau pada satu hari sebelum lebaran 1431 Hijriah mencapai Rp100.000 per kilogram (kg).

"Kenaikan harga terjadi dalam 3 hari terakhir yang mencapai 25 Ribu, sebab pada pekan lalu hanya Rp75.000 per kg", kata salah satu pembeli dagang sapi kepada ANTARA, Roslanita (35) di Pasar Tugu, Kota Pasir pengaraian, Kamis.

Dia mengatakan, kenaikan harga daging itu dinilai tidak wajar dan memberatkan masyarakat Rohul, sebab kenaikan harga selalu terjadi ketika menjelang Ramdhan dan Lebaran.

"Kenaikan harga daging itu memang selalu terjadi ketika masyarakat membutuhkan, seperti menjelang puasa dan lebaran, tapi sepertinya ini hanya permainan pedagang saja, sebab pasokan tidak kekurangan," ujarnya

Ia berharap kepada Pemerintah melalui dinas terkait untuk mengatur harga kebutuhan daging tersebut, sebab sepertinya kenaikan harga daging yang dilakukan secara sepihak oleh sejumlah pedagang daging sapi.

Kenaikan harga daging yang mencapai Rp100.000 per kg itu diakui oleh salah satu pedagang di Pasar Tugu, Pasir Pengaraian Kabupaten Rohul, Karim (38) saat ditemui ANTARA, Kamis.

"Harga daging sapi memang sudah mencapai Rp100.000, karena kami beli sapi hidup kepada pedagang sapi juga sudah tinggi setiap menjelang lebaran, jadi bukan kami menaikkan harga sesuka kami saja", ujarnya.

Pengakuanya, penjualan daging sapi itu dalam tiga hari terakhir mampu mencapi 400 kg daging sapi per hari. Penjualan mengalami peningkatan yang sangat tinggi, sebab sepekan sebelumnya penjualan tertinggi hanya mencapi 80 kg per hari.

"Kami bersyukur atas tingginya permintaan daging sapi itu, sebab dapat meningkatkan pendapatan keluarga kami", ujarnya.

Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Rohul, Tri Ismadi, mengatakan sesuai survai yang telah dilakukan disejumlah pasar tradisional dan ditingkat agen membenarkan jika harga daging sapi hari ini mencapai Rp100.000 per kg.

Namun dia mengatakan, pasokan daging sapi di Rohul mencukupi sehingga kenaikan harga ini kemungkinan hanya akan terjadi pada sehari sebelum lebaran, sebab permintaan sangat tinggi.

"Permintaan masyarakat terhadap daging pada pekan ini memang meningkat, pada pekan sebelumnya hanya sekitar enam ton, namun pada pekan ini kebutuhan masyarakat mencapai 157 ton dalam satu pekan.

Dia mengaku pihak BKPP tidak dapat menentukan harga di pasaran, melainkan hanya memantau, jika terjadi kenaikan yang tidak wajar maka pihaknya akan memberikan surat tembusan kepada Dinas Koperasi dan Perdagangan Rohul untuk melakukan operasi pasar.

"Kita tidak punya wewenang untuk opersi pasar, kita hanya memantau saja dan menyediakan pasokan agar terpenuhi," ujarnya.

http://www.antaranews.com/berita/1284021788/harga-daging-sapi-rp100-ribu-di-riau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar